Pakan lele buatan sendiri, lebih ampuh dan efisien, protein hingga 39%

assalamualaikum... apa kabar semuanya...

pakan super untuk lele dengan berbahan dasar dedak. bisa kita buat sendiri dengan kandungan protein yang sangat tinggi. bisa melebihi kandungan protein pada pakan pabrikan.



lele cepat besar
pertama kali yang akan saya sampaikan mengenai perikanan ikan lele yaitu mengenai pakan. karena pakan adalah kunci utama kesuksesan pada budidaya ikan lele sekala kecil maupun besar, apabila kita memelihara ikan lele dalam sekala besar maka kita harus pintar-pintar membuat manajemen pakan tentunya, karna tidak dipungkiri bahwa banyak petani lele yang gagal dan gulung tikar karena tidak mengetahui teknis yang benar dalam budidaya ikan lele. dimana biaya produksi pada budidaya ikan lele hampir 70% dioptimalkan pada manajemen pakan, banyak orang ingin mendapatkan hasil dari budidaya lele tetapi asal-asalan dalam mengelola dan mengoptimalkan pemberian pakan itu sendiri. memberi makan semaunya dengan berharap agar lele cepat besar!!!! itu sangat lah salah. bukan keuntungan yang akan kita dapatkan melainkan kerugian. apalagi kita menggunakan pakan pbrikan yang sangat mahal... itu justru akan merugikan kita.

berikut langkah-langkah manajemen sekaligus membuat pakan dengan sangat mudah dan dapat menyaingi pakan pelet.


cara membuat pakan lele SUPER yang sangat mudah tetapi memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari pelet
siapkan dedak sebanyak 5kg (sebagai bahan utama)

pelet sebanyak 2,5kg. disarankan yang proteinnya diatas 20% (sebagai bahan campuran untuk menembah nutrisi dan melembutkan dedak)

garam sebanyak 5 sendok makan (untuk membentuk molekul agar banyak kandungan protein pada dedak dapat di maksimalkan oleh zat-zat yang ada pada garam itu sendiri, akan lebih baik bila menggunakan ikan asin seperempat kilo saja)

minyak sayur bekas / jlantah setengah gelas (untuk menambah aroma pakan agar lele menyukainya)

masukan dedak, pelet, garam kedalam alat pengukusan (panci, drum atau apalah)
tambahkan air sebanyak 5 liter, aduk hingga merata dulu sebelum di rebus.

kemudian rebus hingga berubah menjadi kecoklatan sedikit tua dan beraroma kue kukus.
setelah kira-kira 1 jam masukkan minyak sayur bekas

aduk lagi dan tiriskan dalam wadah yang memiliki lubang yang kecil-kecil seperti tempat nasi

biarkan selama semalaman dan siap di berikan kepada lele

maka lele akan dengan lahab menyantap pakan buatan kita sampai habis. dan kualitas pakan kita itu pun tidak bisa di ragukan lagi karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi apabila dibiarkan semalaman, bisa mencapai hingga 36%-39%.

cara pemberiannya pun cukup mudah
kepal-kepal pakan seukuran buah melon, lalu letakkan di berbagai lokasi dalam kolam, maka lele akan berebut karena aromanya sangat disukai lele
beri makanan tersebut minimal 2 kali sehari
utamakan pemberianya pada malam hari karena efisiensinya sangat bagus apabila diberikan pada malam hari.
lebih bagus lagi apabila kita akan memberi makan semprot dulu pakan tersebut dengan minyak goreng/ sayur bekas, agar aromanya bertambah dan ikan cepat gemuk

apabila di bandingkan dengan pakan pelet maka akan jauh terlihat hasil dan keuntungannya. jika menggunakan pelet membutuhkan biaya hingga 3.000.000 maka dengan menggunakan pakan super tersebut hanya membutuhkan biaya 1 jutaan saja. dan lele lebih cepat di panen karena maksimal lele bisa dipanen dalam wktu 2 bulan, itu paling lama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

yumu chan mengatakan...

Sdh pernah saya buat tapi pas di masukkan ke kolam malah berhamburan dan nggak padat kek bola
Ada solusinya?

Posting Komentar

Gunakan kata-kata yg sopan dan santun .